Cara Membuat Carport Dak Beton Untuk Rumah Minimalis

Carport dak beton akan memberikan pondasi yang kuat untuk menopang kendaraan Anda. Ini adalah tambahan yang pas bagi rumah minimalis yang modern dan sederhana. Berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat carport dengan dak beton. 

Tata Cara Buat Carport Dak Beton di Rumah Anda 

Carport dapat menahan beban kendaraan dengan membuat dak beton pada lantai. Dengan demikian, ada kekuatan struktural yang berfungsi sebagai pondasi yang handal. Anda juga bisa menerapkan dak beton pada bagian atap sehingga terlihat modern. Berikut adalah cara buat carport dak beton di rumah Anda sendiri. 

1. Hitung Luas Dak Beton

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan luas dari dak beton yang akan dibuat. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan jumlah struktur besi tulangan yang dibutuhkan. Kalau terlalu sedikit maka pondasi bisa kurang kuat. Kalau beli besi terlalu banyak malah bisa menambah bobot struktur.

2. Hitung Ketebalan Dak Beton

Carport Dak beton perlu diperkirakan ketebalannya. Dengan demikian, bagian lantai memiliki penahan dari gaya tekan dari kendaraan yang berada di atasnya. Umumnya, Beton dak untuk dibuat dengan ketebalan sekitar 8 sampai 12 cm. Semakin tebal tentu berarti lebih besar resistansinya.

3. Penyesuaian Struktur Dak Beton

Kamu ingin membuat dak beton untuk mobil maka pertimbangkan juga beban benda lainnya. Apakah Anda mau meletakkan lemari, motor, punya beberapa mobil, dan benda lainnya di carport. Dengan demikian. Kekuatan dak beton juga perlu dipertimbangkan agar benar-benar sesuai. 

4. Kerangka Besi 

Dak beton dimulai dengan rangkaian besi beton pada dasar lantai. Pasang tulangan besi rangka pada lantai carport. Kemudian, sambungkan pada balok dan pondasi rollag di pinggir lantai. Dengan demikian, dak bisa menahan beban dengan optimal dan menghindari lantai bergeser ke samping.

5. Komposisi Beton 

Hal terpenting dalam membuat carport dari dak beton rumah minimalis adalah campuran materialnya. Anda perlu memperhatikan semua bahan bangunan tercampur dengan baik. Intinya adalah mendapatkan konsistensi yang tepat. Jangan membiarkan adonan terlalu cair atau terlalu kental. 

6. Siram Air Pada Waktu yang Tepat

Setelah dak beton [ada dibuat, Anda perlu menyiramnya agar permukaan dak beton bisa tahan lama. Proses ini dapat berlangsung sampai tujuh har. Lakukan secara rutin sampai beberapa hari. Dengan demikian, semua bahan menempel di permukaan beton dan membuat lantainya jadi kokoh. 

7. Floor Hardener

Finishing akan membuat lantai carport jadi lebih menarik. Anda bisa menambahkan lapisan floor hardener (sejenis penguat permukaan lantai). Bahan tersebut bisa membuat permukaan lantai lebih keras dan mengikat. Jadi, lantai tidak mudah retak. 

Bubuk floor hardener ditaburkan saat cor setengah basah. Kemudian, tabur sampai rata dengan sendok semen. Lalu, padatkan dengan memakai mesin poles. Jadi, bubuk kemudian mengendap dan mengeras secara merata. Hasilnya adalah lantai dak beton yang mengkilap dan terlihat halus permukaannya. 

Itulah cara buat carport dak beton yang benar dan pasti kokoh. Anda bisa menerapkannya pada rumah minimalis Anda. Gunakan bahan bangunan yang tepat seperti semen, beton, dan lain sebagainya. Pakai produk SCG dengan mengunjungi situs resminya yakni scgcbm.id. Anda akan menemukan beton instan, semen, dan lain sebagainya yang bisa dipakai untuk membuat carport dan bagian rumah lainnya. 

Sumber

https://artikel.rumah123.com/5-cara-membuat-dak-beton-plus-kelebihan-dan-kekurangannya-wajib-tahu-sebelum-membangun-rumah-2-lantai-29232

https://www.rumah.com/berita-properti/2014/9/64561/perhatikan-dua-hal-penting-dalam-membuat-carport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *