7 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibeli Jika Berkunjung Ke Kota Pahlawan

Berjalan jalan ke kota Pahlawan di Jawa Timur membuatmu mendapatkan pengalaman baru karena banyak hal dan tempat yang dapat dieksplor. Mulai dari kebun binatang yang menawarkan berbagai hewan langka di habitatnya, monumen kapal selam yang memberikan informasi baru, sejarah, dan strukturnya, serta masih banyak lainnya.

Namun tidak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh oleh khas Surabaya. Mari intip beberapa rekomendasinya buah tangan yang populer dibeli wisatawan.

1. Lapis Kukus Pahlawan

Lapis Kukus Pahlawan Surabaya bisa jadi salah satu oleh oleh khas Surabaya yang cukup recommended dari Kota Surabaya untuk dibawa ke tempat asal Anda. Nama yang diusung cake satu ini memang cukup unik. Embel-embel ‘pahlawan’ sengaja digunakan karena Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya pun terkenal sebagai kota yang ikonik dengan simbolis perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-Pemuda Surabaya) untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.

Oleh karena semangat perjuangan yang menjadi ciri khas Kota Surabaya tersebut, cita-cita Lapis Kukus Pahlawan Surabaya ingin menjadi pahlawan ekonomi dan kewirausahaan, sebagai salah satu UKM yang sama-sama membangun kondisi ekonomi Indonesia yang lebih baik, mampu bersaing dengan produk-produk asing, serta menjadi ciri khas yang dibanggakan dan dicintai oleh masyarakat.

Produk Lapis Kukus Pahlawan Surabaya menawarkan berbagai kelebihan. Terlepas dari harganya yang cukup murah, Lapis Kukus Pahlawan Surabaya menawarkan tekstur kue yang lembut dengan proses pembuatan dikukus dan diolah dengan teknologi mesin terkini. Perpaduan bahan baku antara tepung terigu dan tepung singkong yang presisi dari Lapis Kukus Pahlawan Surabaya diklaim menghasilkan cita rasa tinggi yang khas. Terlebih produk Lapis Kukus Pahlawan Surabaya memiliki taburan keju pilihan dan cream lembut yang akan membuat ketagihan para penikmatnya.

Lokasi Store Lapis Kukus Pahlawan Surabaya

  • Store Kutai: Jl. Kutai No. 53, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Store Genteng Besar: Jl. Genteng Besar No. 77 Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60275
  • Island Dharmahusada: Jl. Dharmahusada No. 140, Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur 60115
  • Store Sidoarjo: Jl. Pahlawan No 7B Lemahputro, Kota Sidoarjo, Jawa Timur 61213
  • Store Gubeng: Stasiun Gubeng Baru – Jl. Gubeng Masjid 1, Pacarkeling, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Store Pasar Turi: Stasiun Pasar Turi, Jl. Semarang no. 1, Gundih, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60172
  • Store Diponegoro: Jl. Raya Diponegoro No. 73 Surabaya, Jawa Timur

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi di Surabaya adalah Pantai Kenjeran karena alam yang indah dan hasil laut yang melimpah. Para pelancong wajib mencoba kerupuk berbahan seafood yang terdiri atas tiga jenis, yaitu kerupuk cumi, kerupuk udang, dan kerupuk rumput laut. Kamu wajib menjajalnya satu per satu karena harganya sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah. Semua jenis kerupuk tersedia dalam 2 bentuk, yaitu siap santap dan mentah.

3. Kaos Cak Cuk

Surabaya terkenal dengan sapaan khasnya, yaitu cuk sehingga arek arek Suroboyo memiliki ide membuat distro dengan desain dan kata kata unik. Kaos ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli saat ke Surabaya, seperti kaos dari Joger atau Dagadu. Produk dari distro ini tidak hanya kaos, tetapi juga gantungan kunci, mug, pin, tas, dan lain lainl. Harganya pun sangat terjangkau dan gerainya berada di beberapa titik, sehingga sangat mudah ditemukan.

4. Bandang Asap

Ikan bandeng memiliki cita rasa yang unik dan tetap digemari meskipun durinya sangat banyak. Akan tetapi, biasanya ikan bandeng dimasak dengan tiga cara, yaitu digoreng, disayur, dan dipresto. Oleh karena itu, proses memasak dengan cara diasap ini sangat digemari karena berbeda daripada yang lain. Aroma bakaran dari daging ini menjadi ciri khas dan cita rasa yang membuat banyak orang menyukainya, sehingga para wisatawan yang ke Surabaya wajib membelinya.

5. Oseng Tuna Asap

Jika kamu menyukai makanan yang praktis dan dapat dinikmati dengan nasi hangat, oseng tuna asap ini sangat cocok. Harganya pun tergolong ramah di kantong, yaitu 55 ribu rupiah untuk satu toples oseng tuna asap dengan berat 500 gram. Cara pembuatan oseng tuna ini sangat aman karena hanya diasap, lalu durinya dibuang dan dikemas. Kamu dapat membelinya untuk orang tua atau kerabat karena rasanya sangat unik dan nikmat di semua kondisi.

6. Kopi Bandrek Sreg

Menjadi salah satu minuman khas Jawa Timur yang wajib kamu coba, Kopi Bandrek Sreg pun masih eksis hingga saat ini. Kemasannya sangat praktis sehingga cocok dipakai sebagai oleh oleh khas Surabaya. Rasanya tidak perlu diragukan karena telah memadukan rempah rempah tradisional dengan cita rasa kekinian. Bahan bahan yang dipakai, yaitu gula putih, gula palm, kopi, krim nabati, jahe, dan ramuan tradisional, sehingga rasanya sangat kuat.

7. Belinjo Udang Surabaya

Makanan olahan udang selalu menarik karena memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Oleh karena itu, belinjo udang satu ini sangat laris di pasaran bahkan di kalangan anak mudah. Rasa yang khas dari melinjo dan aroma dari udang dipadukan dengan rempah rempah membuatnya cocok untuk camilan ataupun lauk makan. Kamu dapat membelinya dengan harga yang cukup ramah di kantong, yaitu sekitar 20 ribu hingga 50 ribu tiap kemasannya.

Menjajal makanan dari daerah lain selalu menjadi hal yang nikmat karena setiap kota memilih cita rasa yang berbeda beda. Begitu pula dengan Surabaya yang memiliki makanan, minuman, serta oleh oleh khas Surabaya lain yang wajib dicoba. Harga yang harus kamu keluarkan juga cukup terjangkau, sehingga tidak membuat budget liburanmu membengkak. Oleh karena itu, kamu wajib membeli beberapa oleh-oleh khas dari kota Pahlawan ini untuk kerabat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *