Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Sewa Kontrakan dan Kos-kosan

Salah satu bisnis properti yang memberikan keuntungan maksimal adalah bisnis sewa kontrakan dan kos-kosan. Kedua jenis bisnis ini memiliki banyak kesamaan, tapi tentu saja punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di setiap daerah tentu ada saja bisnis baik kontrakan maupun kos-kosan.

Misalnya untuk area Bogor tentu anda bisa dengan mudah menemukan kontrakan Bogor bulanan maupun tahunan. Begitu juga dengan area lainnya yang ada di Indonesia. Untuk yang berencana memiliki usaha sewa kos-kosan dan kontrakan, ketahui terlebih dahulu plus dan minusnya berikut ini.

Sewa Kontrakan

1. Kelebihan

Kelebihan sewa kontrakan adalah sebagai berikut:

  • Waktu sewa lebih lama, sewa kontrakan umumnya lebih panjang dan sebagian orang yang memiliki bisnis ini hanya menerima penyewa tahunan saja. Dengan begitu, maka mempermudah Anda yang menjalani bisnis ini untuk tidak terlalu sering mencari penyewa dan gonta-ganti penyewa.
  • Harga sewa, untuk harga sewa rumah kontrakan jauh lebih mahal daripada kos-kosan. Dan umumnya harga sewa dibayar dimuka. Sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan urusan administrasi dengan para penyewa.
  • Kenaikan harga, tentu saja setiap sewa kontrakan akan mengalami kenaikan per tahun. Untuk kontrakan kenaikannya bisa mencapai 5% setiap tahun. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari harga kenaikan ini. Apalagi jika bisa bertahan dengan bisnis kontrakan ini bertahun-tahun dan memiliki penyewa yang padat dalam jangka waktu lama.

2. Kekurangan

Meski memiliki banyak kelebihan tapi ada juga beberapa kekurangan dari punya bisnis sewa kontrakan.

  • Tidak boleh sembarang memilih penyewa, dalam memilih penyewa kontrakan karena akan di sewa dalam jangka waktu yang panjang maka tidak boleh sembarangan. Anda harus melakukan seleksi pada calon penyewa yang memiliki kelakuan baik. Terlebih rumah sewa Anda ini adalah sebuah investasi, jangan sampai si penyewa malah membuat kerusakan pada rumah sewa tersebut.
  • Biaya perawatan, tentu saja untuk rumah yang dikontrakkan akan membutuhkan yang namanya biaya perawatan besar. Ini biasanya terjadi setelah penyewa lama berpindah atau waktu sewanya sudah habis. Untuk menarik minat penyewa baru, maka Anda harus melakukan sejumlah renovasi untuk rumah sewa agar dilirik para penyewa.

Sewa Kos-kosan

1. Kelebihan

Untuk sewa kos-kosan berikut beberapa kelebihannya.

  • Banyak peminat, namun peminat yang tinggi ini adalah jika Anda memiliki lokasi kos-kosan yang strategis. Misalnya lokasi kost berada di dekat kampus dan juga perkantoran. Biasanya kos yang seperti ini memiliki harga sewa yang relatif mahal karena permintaan pasar yang tinggi.
  • Bisa tambah keuntungan dengan buka usaha lain, bisnis kos-kosan membuka peluang anda untuk bisa membuka usaha beragam. Seperti misalnya membuka usaha laundry, warung makan, tempat fotocopy dan print, kios kecil dan masih banyak lagi. Tentu saja bisnis ini, akan laris manis karena bisa membantu memenuhi kebutuhan para penghuni kos.
  • Mudah diawasi, lingkungan kos-kosan memiliki luas yang tidak terlalu besar sehingga lebih mudah dipantau. Anda juga bisa membayar penjaga kos-kosan untuk mengurus kos tersebut mulai dari keamanan, pembersihan dan juga perawatan kos-kosan.
  • Pendapatan tinggi, jika memiliki bisnis kos-kosan maka anda akan mendapatkan pemasukan yang cenderung lebih tinggi. Apalagi jika anda memiliki kos-kosan dengan fasilitas lengkap dan merupakan kos-kosan di kategori elit.

2. Kekurangan

Untuk minusnya punya kos-kosan adalah sebagai berikut.

  • Melakukan penagihan secara berkala, jika punya kos-kosan berarti anda punya aktivitas tambahan yaitu penagihan biaya kos. Apalagi jika Anda membuka sistem pembayaran kos untuk perbulan. Hal seperti ini, akan memunculkan masalah baru yaitu terdapat penyewa yang sering terlambat membayar kos. Dengan begitu, tentu menjadi tambahan beban pikiran dan juga membuat anda kerepotan. Untuk itu sebaiknya terapkan peraturan yang ketat mengenai pembayaran kos.
  • Sangat bergantung kondisi sekitar, tentu saja meski lingkungan Anda cukup strategis tapi kos-kosan sangat bergantung pada kondisi sekitarnya. Misalnya jika dekat dengan area perkantoran lalu kantor tersebut pindah, maka para penghuni kos juga akan ikut pindah. Hal ini tentu akan menurunkan pendapatan anda karena penyewa yang semakin berkurang.

Dari penjelasan diatas, tentu Anda sekarang sudah mengetahui mana yang lebih menguntungkan dari kedua pilihan bisnis properti ini. Karena baik memilih bisnis kontrakan ataupun tempat kost punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa keuntungannya sangat relatif dan bergantung lebih besar pada lokasi yang tepat.

Untuk yang berencana untuk membuka kos-kosan atau ingin punya rumah kontrakan, bisa menemukan bangunan yang tepat dengan memanfaatkan Rumah.com. Situs properti terkemuka di Indonesia ini menghadirkan berbagai pilihan properti yang tidak hanya bisa di sewa tapi juga dibeli.

Tidak hanya itu saja, yang ingin menyewa atau membeli apartemen sebagai investasi properti juga bisa melakukannya lewat Rumah.com. Untuk informasi lebih lengkap, bisa langsung mengunjungi situs resmi rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *