Bahasa Hukum & Perundang-Undangan

Bahasa Hukum & Perundang-Undangan

Penulis : Drs. Nico Ngani, MM
Penerbit :
Kategori : Hukum & Undang-undang

Harga : Rp 28.000,- Rp 35.000,- Disc : 20 %
Status Stok : Kosong
Stok saat ini kosong. Apabila berminat, harap melakukan pemesanan/konfirmasi terlebih dahulu melalui SMS
Format Pemesanan:
judul buku#penerbit#jumlah eksemplar#alamat lengkap#nomor hp

WA: 0857-2825-3141
Telp: 0274-485222 atau 0274-4332233
Email: diandracreative@yahoo.com
Saat ini masih sulit mendapatkan buku yang membahas secara khusus tentang bahasa hukum dan perundang-undangan. Untuk itu, buku ini hadir dan membahas beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, ditampilkan Bagian Pertama tentang Bahasa Hukum. Enam bab plus daftar pustaka menguraikan bahasa Indonesia dan bahasa hukum. Dimulai dengan uraian secara analitis dan berakhir dengan sintesis berupa judul Hukum Sebagai Alat Komunikasi, baik secara lisan maupun secara tertulis. Tak lupa disajikan di sini pertanyaan sebagai bahan diskusi.

Kedua, ditampilkan Bagian Kedua tentang Subdisiplin Bahasa Hukum. Dipaparkan di bagian ini peran ilmu-ilmu lain yang memberikan andil demi suksesnya bahasa hukum itu. Ada bahasa Indonesia, ada sosiologi, dan psikologi. Kalau direnungkan baik-baik, ketika seseorang berbicara atau menulis, tanpa sadar pembicaraannya mengejawantahkan aspek-aspek tersebut.



Ketiga, ditampilkan Bagian Ketiga tentang Bahasa Perundang-undangan. Ini merupakan jawaban pula terhadap pertanyaan mengenai kontribusi apa yang dapat disumbangkan oleh bahasa hukum kepada perkembangan dan pengembangan ilmu hukum. Jawaban yang diberikan masih terletak pada tatanan teoretis, di atas kertas. Atau, menurut Roscou Pound, law-in-books, figur yang pas untuk mencermati bagian ketiga ini adalah praktisi legislasi. Mereka itu adalah DPR, DPRD, dan perangkat desa.

Pada bagian ketiga ini dipaparkan bahasa hukum versi UU No. 10 Tahun 2004 dan UU No. 12 Tahun 2011. Keduanya adalah serupa namun tidak sama. Cukup menarik untuk studi hukum antar-waktu (intemporal law). Bagian ketiga ini merupakan lampiran.

Keempat, ditampilkan Bagian Keempat tentang Undang-Undang Penanaman Modal. Kalau di bagian ketiga pembaca berkenan dengan, law-ini-books, maka di bagian keempat ini pembaca berhadapan dengan law-in-action atau hukum-dalam-aksi dalam arti bahwa apa yang dibicarakan di bagian pertama, kedua, dan ketiga terwujudkan di bagian keempat ini.
Informasi Buku
ISBN 978-979-341-130-9 Halaman 200
Dimensi 14 x 20 cm